Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
Vol. 11 No. 2 (2023): Oktober

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. MAXIMA GLOBAL MALANG

Ardianto, Sofi (Unknown)
Nurfarida, Iva Nurdiana (Unknown)
Hidayat, Candra Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK : Persaingan di Indonesia semakin meningkat karena penjualan di negara ini tumbuh lebih cepat. Namun, masih ada permintaan dari pelanggan dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, meskipun tidak mengabaikan tugas-tugas bisnis lainnya, fungsi pemasaran kini memegang peranan yang semakin besar dalam operasi perusahaan. Semua bisnis, bahkan yang bergerak dalam penjualan produk, dapat memperoleh manfaat dari penggunaan strategi pemasaran berdasarkan analisis bauran pemasaran. Empat faktor yang membentuk bauran pemasaran: sistem distribusi, struktur harga, produk, dan aktivitas promosi. Karena keempat komponen bauran pemasaran saling bergantung dan berdampak satu sama lain, maka perlu dilakukan upaya untuk mengembangkan strategi pemasaran yang meningkatkan kepuasan pelanggan dan keberhasilan layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran mempengaruhi kebahagiaan konsumen. Penelitian untuk penelitian ini dilakukan di CV.Maxima Global Malang. Dengan menggunakan pengambilan sampel analisis faktor, 105 responden diidentifikasi sebagai sampel, yang jumlahnya setidaknya empat atau lima kali lipat dari jumlah variabel. Kuesioner menggunakan skala likert untuk pengukurannya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan CV dipengaruhi secara bersamaan oleh produk, harga, distribusi, dan promosi. Maxima Internasional. Produk berdampak signifikan dan menguntungkan terhadap kepuasan pelanggan CV. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh harga. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh distribusi. Global Maxima Malang. Kepuasan pelanggan pada CV dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh promosi. Global Maxima Malang. Hal ini dimaksudkan agar dunia usaha atau manajemen perusahaan mempertimbangkan temuan penelitian ini ketika mengambil keputusan, terutama dalam hal strategi bauran pemasarannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas ...