Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Jatirejoyoso yaitu tidak memiliki ruang laboratorium IPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketiadaan ruang laboratorium IPA di MINU Jatirejoyoso, yang menghambat optimalisasi kegiatan praktikum IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi laboratorium virtual IPA berbasis Android sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi literatur. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan model ADDIE dan software Adobe Animate dengan bahasa pemrograman Actionscript 3.0. Pengujian aplikasi dilakukan dengan teknik White-box Testing berbasis Path dan Black-box Testing berbasis Equivalence Partitions. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, dengan 11 keberhasilan dari 11 uji percobaan tanpa kegagalan dengan persentase sebesar 100%. Kesimpulannya, meskipun fasilitas praktikum IPA di MINU Jatirejoyoso masih kurang memadai, siswa tetap dapat melakukan praktikum IPA secara virtual menggunakan aplikasi ini.
Copyrights © 2024