Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakteristik siswa di salah satu SMP negeri di kecamatan Kamal yang mayoritas tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy siswa pesisir dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini penelitian ex post facto dengan menggunakan metode korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling sebanyak 64 siswa pesisir kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-efficacy dan nilai rapor siswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata tingkat self-efficacy siswa sebesar 47% dengan kategori sedang dan hasil belajar siswa sebesar 82% dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hopotesis yang dilakukan diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara self-efficacy dengan hasil belajar IPA, dengan nilai sig sbesar 0,000 < 0,05 dan nilai r hitung = 0,435 > r tabel = 0,242. Self-efficacy berpengaruh sebesar 18,9% terhadap hasil belajar IPA dan 81,1% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Harapannya, melalui artikel ini, dapat memberikan informasi dan acuan untuk penelitian selanjutnya yang khususnya mengkaji self-efficacy siswa pesisir.
Copyrights © 2024