CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12 No 2 (2024): CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Evaluasi Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Model CIPP Di SMAN 1 Kencong Jember

Santuso, Mulyo Budi (Unknown)
Suharso, Pudjo (Unknown)
Herlindawati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Kegiatan evaluasi penerapan model PBL dapat memberikan manfaat untuk melihat capaian model pembelajaran yang dilaksanakan selama ini dan kendala-kendala yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan model pembelajaran berbasis masalah di SMAN 1 Kencong pada mata pelajaran ekonomi ditinjau menggunakan model evaluasi CIPP. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh komponen yang dievaluasi ditemukan bahwa penerapan model PBL yang diterapkan oleh guru ekonomi di SMAN 1 Kencong hampir sesuai dengan standar penerapan model PBL. Persentase setiap komponen yaitu evaluasi context sebesar 100% dengan tingkat kesesuaiannya yaitu sangat sesuai, evaluasi input sebesar 75% dengan tingkat kesesuaian “sesuai”, evaluasi process sebesar 94,73% dengan tingkat kesesuai “sangat sesuai” dan evaluasi product sebesar 100% dengan tingkat kesesuaian “sangat sesuai”. Salain itu, ditemukan juga ketidaksesuain antara lain; guru ekonomi belum memiliki sertifikasi profesi guru, keterbatasan jumlah sarana dan prasarana seperti projector.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal CENDEKIA ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual yang mencakup berbagai dimensi pendidikan seperti; 1. Kurikulum 2. Pembelajaran 3. Evaluasi dan evaluasi pembelajaran 4. Manajemen pendidikan 5. Kualitas ...