CARE: Jurnal Pengabdian Multi Disiplin
Vol. 2 No. 1 (2024)

Pelatihan Communicative Language Teaching (CLT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Mahasiswa Kebidanan STIK Bina Husada

Pamuji, Arief (Unknown)
Wahyudi, Agus (Unknown)
Martuti, Ririn (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Berbicara merupakan cara menyampaikan informasi yang harus diperoleh siswa. Kemampuan sendiri mempunyai arti kesanggupan, kecakapan, kekuatan, kekayaan. Sedangkan kemampuan menurut bahasa berarti kemampuan seseorang menggunakan bahasa yang memadai dilihat dari sistem bahasa, antara lain mencakup sopan santun, memahami giliran dalam bercakap-cakap. Kemampuan berbicara dimiliki oleh semua manusia. Namun keterampilan berbicara di depan orang banyak belum tentu dimiliki oleh setiap orang. Pembicara harus mengembangkan teknik-teknik untuk persiapan, untuk Menyusun struktur pembicaraan, untuk menularkan energi dan semangat, serta untuk menangkap dan menanggapi minat pendengar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan communicative language teaching mahasiswa program studi kebidanan STIK Bina Husada Palembang. Sebanyak 20 mahasiswa mengikuti kegiatan pengabdian ini, yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2023 yang bertempat di Gedung STIK Bina Husada Palembang Jl. Kapt Cek Syeh 28 Ilir Palembang. Pengajaran Bahasa Komunikatif dapat memotivasi siswa untuk berani dan percaya diri dalam penampilan berbicara dan lebih aktif dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa lisan mereka. Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan penguasaan kosa kata baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

care

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin: is published by the Islamic Religion Faculty, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. Care is a blind peer-reviewed journal dedicated to publishing quality research ...