Perkembangan industri ritel di Indonesia semakin pesat, sejalan dengan meningkatnya permintaan akan produk kebutuhan harian. Tingginya permintaan menyebabkan industri ritel semakin bertumbuh, khususnya ritel modern seperti supermarket. Banyaknya supermarket yang berdiri menyebabkan persaingan yang ketat, sehingga perusahaan harus mampu memasang strategi pemasaran yang tepat kedepannya, strategi pemasaran tersebut dapat dikembangkan oleh perusahaan dengan melihat kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat diketahui dengan membandingkan harapan konsumen dan penilaian konsumen akan kinerja atribut bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan lokasi. Setelah mengetahui kepuasan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran dengan melihat atribut bauran pemasaran mana yang perlu mendapatkan tindakan lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen di Farmers Market Pekanbaru terhadap atribut bauran pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data diperoleh dari sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen mencapai 87.02% dengan atribut paling dominan adalah lokasi. Farmers Market Pekanbaru masih harus melakukan peningkatan di beberapa atribut yaitu pengemasan akhir, harga, pengadaan promo dan akses parkir. Kondisi ini menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas dengan kinerja dan pelayanan yang diberikan Farmers Market Living World Pekanbaru dengan catatan bahwa supermarket masih harus meningkatkan kinerjanya karena masih ada 12.98% yang dianggap konsumen belum sesuai harapan.
Copyrights © 2022