Penelitian ini bertujuan menguji untuk disiplin terhadap kinerja guru, disiplin terhadap motivasi. motivasi terhadap kinerja guru, dan disiplin terhadap kinerja guru melalui ,motivasi sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Muara Beliti dengan jumlah populasi 44 orang. Metode penelitian ini memanfaatkan penelitian kuantitatif dengan memakai korelasi kausal serta jenis data primer. Teknik pemungutan data menggunakan melakukan wawancara dan observasi dengan media kuisioner. Metode analisis memakai Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SMART-PLS(Partial Least Square) tiga.0. Akibat penelitian memberikan konstruk eksogen disiplin memiliki dampak positif dengan konstruk kinerja guru. Nilai t-statistik sebesar 2,302 lebih besar dari 1.96. serta pada konstruk eksogen disiplin berpengaruh positif dan signifikan (O=0.325) dengan konstruk motivasi. Nilai t-statistik ini sebesar 2.313 lebih besar dari 1.96. untuk motivasi tidak berpengaruh positif dengan konstruk kinerja guru. Nilai t-statistik pada hubungan konstruk ini sebesar 0,209 lebih kecil dari 1.96, dan nilai p value sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. di nilai indirect effect untuk pengaruh disiplin terhadap kinerja guru melalui motivasi, nilai t-statistik 0.014 lebih kecil dari 1,96 (t-tabel). Dengan Nilai signifikansi 0,184. Serta hasil Uji Goodness Of Fit (GOF) diperoleh nilai 1.
Copyrights © 2023