CV. Toedjoe Sinar Group merupakan salah satu percetakan di Samarinda yang bergerak di bidang digital printing dengan beragam produk. Percetakan ini tidak hanya fokus pada strategi yang mengutamakan produk, tetapi juga melakukan strategi yang mengutamakan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui perilaku pelanggan sehingga akan membantu dalam penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Sebanyak 8.020 data transaksi pelanggan dari Bulan Januari hingga Maret tahun 2022 digunakan dalam penelitian ini. Pemodelan data yang digunakan dalam pengelompokan pelanggan adalah Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan metode clustering K-Means melalui teknik data mining. Penentuan jumlah cluster berdasarkan nilai k menggunakan metode elbow. Penelitian ini menghasilkan nilai k=7 sehingga cluster yang terbentuk sebanyak 7 cluster. Kelompok terbaik yaitu cluster 5 dengan nilai rata-rata Recency sebesar 0,0, Frequency sebesar 140,33 serta rata-rata monetary sebesar 4.3328.833.
Copyrights © 2023