MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 7 No. 1 (2024): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi (in Progres)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN DALAM MEMBANGUN JIWA NASIONALISME MASYARAKAT

Nurma, Nurma Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Membangun rasa nasionalisme ialah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memiliki strategi komunikasi guna membangun bangsa dalam menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat. Maksud dari penelitian ini ialah mendeskripsikan strategi komunikasi pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam menanamkan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini mencakup komunikasi pembangunan dan konsep nasionalisme. Metode penelitian kualitatif deskriptif diterapkan, dengan temuan disabilan sebagai elaborasi dan narasi yang berasal dari penelitian lapangan. Teknik penghimpunan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan tiga langkah utama: reduksi data, presentasi, dan verifikasi data. Penelitian ini menginterpretasikan beragam strategi komunikasi pembangunan yang diterapkan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam membina nasionalisme, antara lain: Strategi Komunikasi Pembangunan melalui Radio Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (RDBFM), Sosialisasi dan Diskusi mengenai Empat Pilar Bangsa kepada Masyarakat, Pembangunan Monumen Sejarah, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia pukul 10:00 pagi dan Lagu "Padamu Negeri" pukul 4:00 sore di Kantor Bupati dan Unit Kerja. Kolaborasi dengan Tokoh Agama, Pemimpin Adat, Pemimpin Masyarakat, dan Organisasi Non-Pemerintah turut berkontribusi dalam membina nasionalisme di kalangan masyarakat Lampung Selatan. Selain itu, distribusi 10 juta bendera Indonesia kepada masyarakat memainkan eksistensi krusial dalam mempromosikan patriotisme.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...