MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 7 No. 2 (2024): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi (in Progres)

PUBLISITAS POLITIK JOKOWI DALAM PEMILU 2024: ANALISIS PEMBERITAAN DI PANTAU.COM

salsabila, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak publisitas politik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pemberitaan di Pantau.com dalam Pemilu 2024. Menggunakan teori framing cetusan Zhongdang, penelitian ini meneliti bagaimana Pantau.com membingkai citra politik Jokowi melalui berbagai teknik framing seperti sitaksis, tematik, retoris, dan script. Hasilnya menunjukkan bahwa media ini secara intensif memperhatikan Jokowi dalam pemberitaan politik, yang berpotensi memengaruhi persepsi publik terhadapnya. Meskipun belum secara langsung mengukur perubahan persepsi publik, penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya analisis framing dalam konteks komunikasi politik digital. Implikasinya adalah pentingnya memahami bagaimana media online membentuk opini publik terhadap tokoh politik dalam kompetisi Pemilu yang sengit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...