Jurnal Pengabdian Teratai
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Teratai

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM DI AREA CIBUBUR BULAK SEREH

Octoviani, Aniza (Unknown)
Puspita, Afrida Sary (Unknown)
Fatoni, Aris (Unknown)
Maharani, Salwa Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) pada tahun 2017 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8% dari total UMKM yang ada di Indonesia, yaitu sebanyak 59,2 juta. Ditargetkan pada tahun 2019, 8 juta UMKM sudah go online. Pemasaran digital (digital marketing) merupakan salah satu upaya mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital, seperti halnya website dan social media. Penerapan strategi pemasaran tersebut dapat mendongkrak penjualan produk dari suatu brand karena konsumen dan calon konsumen secara cepat ditarik. Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital jauh lebih murah dan efektif. Berdasarkan hasil survey Gartner’s Digital Marketing Spend Report menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif. Biaya anggaran yang dapat dihemat sampai 40%. Dengan demikian UMKM perlu memiliki pengetahuan mengenai strategi pemasaran digital dan diharapkan UMKM dapat menerapkannya sehingga tetap kompetitif di pasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teratai

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Teratai is a scientific journal of community service activities with peer-reviewed in social science and humanities disciplines. The journal purpose is to publish all community service activities article that resolve the community social problems based on community empowerment, ...