Return saham secara umum adalah hasil yang diperoleh investor dalam berinvestasi yang berupa capital gain/loss .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan frekuensi perdagangan saham, kapitalisasi pasar dan jumlah hari perdagangan saham terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022, dan juga untuk mengetahui pengaruh frekuensi perdagangan saham, kapitalisasi pasar dan jumlah hari perdagangan saham terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan hasil pengujian didapat kesimpulan bahwa secara parsial variabel frekuensi perdagangan saham berpengaruh negatif terhadap return saham, variabel frekuensi perdagangan saham tidak berpengaruh terhadap return saham sedangkan variabel jumlah hari perdagangan saham memiliki pengaruh positif terhadap return saham. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) adalah sebesar 0,652 atau 65,2%. Dengan kata lain, dapat diartikan pengaruh frekuensi perdagangan saham (X1), kapitalisasi pasar (X2) dan jumlah hari perdagangan saham (X3) terhadap return saham (Y) sebesar 65,2%, sisanya sebesar 34,8% (100%-65,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023