Jurnal Insan
Vol. 3 No. 2 (2023): Desember 2023

Rancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android

Pribadi, Denny (Unknown)
Tuffahati, Wafa (Unknown)
Bahri, Saeful (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran anak usia dini adalah pendekatan pengembangan yang ditujukan untuk anak-anak sejak lahir hingga usia delapan tahun dilakukan melalui pemberian stimulus Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan spiritual sehingga anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak maka dibangunlah game edukasi. Game edukasi adalah game yang menerapkan materi pembelajaran dan sisipan pendidikan ke dalam game. Game edukasi yang akan dikembangkan adalah game untuk melatih anak usia dini terutama yang berusia empat hingga enam tahun untuk bisa mengenal huruf, angka, objek dan berhitung. Game edukasi pembelajaran anak usia dini ini diterapkan ke dalam sistem Android. Dan untuk penentuan soal kuis menggunakan Linear Congruent Method (LCM). Metode Linear Congruent Method (LCM) adalah salah satu metode generator nomor acak, dimana penentuan konstanta LCM (a, c dan m) akan menentukan apakah angka acak diperoleh dalam arti memperoleh angka acak seolah-olah tidak terjadi perulangan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jinsan

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal INSAN (Journal of Information System Management Innovation) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal INSAN terbit 2 kali setahun (Juni dan Desember) dalam bentuk elektronik. Jurnal INSAN (Journal of Information System ...