THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 5 No 1 (2024): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA KRISTEN TNS

Sidik, Mila Karmila (Unknown)
Sohilait, Emy (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Kristen TNS yang valid, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen Teon Nila Serua. Tahapan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian dapat diperoleh pada instrumen kevalidan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media dengan memperoleh nilai persentase 77,89% dengan kategori valid, instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa dengan memperoleh nilai persentase 87,04% dengan kategori praktis, sedangkan efektifitas LKS dapat ukur menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rerata presentase N-Gain score adalah sebesar 60,08% dengan tafsiran efektifitas N-Gain yaitu cukup efektif. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKS berbasis masalah kontekstual yang dikembangkan menghasilkan LKS yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...