jurnal dikdas bantara
Vol 1 No 2 (2018)

Peningkatan Prestasi Bahasa Jawa Melalui Model Pembelajaran Aktif Course review horay (CRH)

suparmi, suparmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Desember 2017 di SMP Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Jawa siswa, nilai rata-rata prestasi belajar bahasa Jawa siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,3, pada siklus I sebesar 75,9 dan pada siklus II sebesar 82,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 34,4%, siklus I sebesar 56,25% dan siklus II sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IX B semester I SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018 ”.Kata kunci:   Prestasi Belajar Bahasa Jawa, Model Pembelajaran Aktif CRH  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...