jurnal dikdas bantara
Vol 2 No 1 (2019)

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL KARANGAN DESKRIPSI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CTL BERMUATAN KARAKTER

Khosyiatun, Khosyiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan motivasi, hasil belajar dan perubahan nilai-nilai karakter dalam menulis karangan deskripsi pada peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 semester II tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Subjek dalam penelitian adalah motivasi dan hasil belajar menulis karangan deskripsi peserta didik Kelas IV SD Negeri Sukoharjo 04 yang terdiri atas 21 peserta didik yaitu 6 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian melalui strategi pembelajaran CTL bermuatan karakter dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal ke siklus II dari kategori rendah menjadi tinggi. terdapat peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar sebanyak 37, ada perubahan perilaku peserta didik dari kondisi awal ke siklus II terjadi perubahan dari rata-rata nilai 1,52 kategori belum terlihat berubah menjadi nilai rata-ratanya 3,46 dalam kategori mulai berkembang terjadi perubahan 1,94 dan ada peningkatan nilai ketuntasan peserta didik dari 4 peserta didik (19%) meningkat menjadi 21 peserta didik (100%) bertambah 17 peserta didik (81%). Nilai rata-rata kelas dari 57,4 menjadi 76,43, meningkat 19,03.Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, CTL Bermuatan Karakter

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...