jurnal dikdas bantara
Vol. 2 No. 2 (2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

paimin, paimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a matchpada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Bendosari semester I tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IX SMP Negeri 3 Bendosari semester I tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 70,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65,0 mencapai ? 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchdapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Kesebangunan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Bendosari. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 62,5 %, pada siklus I, 19 siswa atau 78,1% dan pada siklus II, 23 siswa atau 95,5 %. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 67,41 setelah tindakan siklus I sebesar 70,58 dan setelah tindakan siklus II sebesar 73,45. Kata Kunci:Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...