jurnal dikdas bantara
Vol 4 No 1 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIME TOKEN

Wardoyo, Wardoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Time Token untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VIII B semester I SMP Negeri 2 Nguter tahun pelajaran 2017/ 2018, sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Nguter dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Time Token. Persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu: sebelum tindakan 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I sebanyak 24 siswa atau 75% dan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau 96,9%. Sedangkan rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris siswa sebelum tindakan sebesar 70,9, pada siklus I sebesar 73,4, dan pada siklus II sebesar 81,7. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif Time Token, hasil belajar bahasa Inggris.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...