BPP merupakan lembaga kepariwisataan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan serta memaksimalkan kegiatan promosi pariwisata daerah. Kota Manado sendiri telah memiliki Badan Promosi Pariwisata yaitu Manado Tourism Board atau yang sering disingkat MTB, yang merupakan perwujudan dari Badan Promosi Pariwisata (BPP) daerah untuk Kota Manado. Pembentukan lembaga pariwisata ini dapat dilatarbelakangi oleh tingginya potensi pariwisata yang dapat digali dan dipromosikan di Kota Manado, hal ini dibuktikan dengan terkenalnya marine tourism Bunaken di mata turis domestik hingga turis internasional. Dengan adanya lembaga pariwisata ini di Kota Manado, diharapkan pariwisata Kota Manado dapat dikembangkan dan lebih dikenal oleh turis melalui kegiatan promosi pariwisata yang menjadi pondasi dari didirikannya lembaga pariwisata ini. Namun yang hal yang menjadi perdebatan adalah keaktifan lembaga ini dalam melakukan tindakan promosi yang tepat, efektif, serta produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguak lembaga pariwisata BPP Kota Manado serta perannya dalam mempromosikan kegiatan pariwisata Kota Manado. Penelitian ini akan dilaksanakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode wawancara daring, observasi daring, serta studi literatur. Dalam hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Manado Tourism Board minim dalam berpartisipasi mempromosikan potensi wisata Kota Manado.
Copyrights © 2024