Penelitian ini mengelaborasi strategi pemenangan pasangan calon Tamba-Ipat dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Jembrana Bali tahun 2020 dengan teoristrategi marketing politik 3P Adman Nursal sebagai pisau analisisnya. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sembilan narasumber. Hasil penelitian menunjukkan pasangan Tamba-Ipat memenangkan Pilkada dengan memadukan strategi Pull, Push dan Pass Marketing. Pull marketing dilakukanmelalui media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mempromosikanprogram kerja sekaligus membangun brand image melalui foto-foto mantan bupati Winasa di setiap media promosi yang digunakan pasangan Tamba-Ipat.Hal ini untuk membangun asosiasi dengan keberhasilan pembangunanJembrana pada masa Winasa. Pass Marketing dilakukan dengan menjalinhubungan baik dengan masyarakat Hindu dan Muslim yang cukup berimbang di Jembrana. Penelitian ini juga menemukan hambatan dalam penerapan push dan pull marketing oleh pasangan Tamba-Ipat seperti aparat desa yang sudah terkooptasi oleh lawan politiknya, sehingga strategi push marketing tetap dilakukan dengan melakukan pertemuan secara terbatas dan diam-diam di beberapa titik.
Copyrights © 2024