Cara orang mendapatkan informasi telah berubah karena teknologi informasi dan komunikasi (TIK), termasuk perpustakaan yang kini beralih menjadi digital. iPusnas adalah salah satu aplikasi perpustakaan digital yang ada di Indonesia, yang dirancang untuk memudahkan akses informasi bagi masyarakat, termasuk mahasiswa. Pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. 10 mahasiswa ilmu perpustakaan UIN Sumatera utara diwawancarai guna mengumpulkan data untuk memahami pemanfaatan iPusnas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. iPusnas dinilai mudah digunakan dan bermanfaat untuk kebutuhan akademik mahasiswa. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kesalahan sistem, koleksi yang kurang lengkap, tidak adanya notifikasi pesan chatting, dan batas peminjaman buku yang rendah. Kendala-kendala ini mempengaruhi efektivitas penggunaan aplikasi oleh mahasiswa.  iPusnas memiliki potensi besar untuk mendukung kebutuhan akademik mahasiswa, namun belum optimal digunakan. Diperlukan peningkatan dalam sistem teknis, perluasan koleksi, penambahan notifikasi pesan chatting, dan revisi batas peminjaman buku untuk meningkatkan pemanfaatan aplikasi ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024