Dalam beberapa waktu terakhir ini, dunia bisnis mengalami perubahan dengan munculnya sebuah teknologi yang berperan sebagai media promosi dalam bidang bisnis. Dampak utama dari perkembangan teknologi ini adalah munculnya perdagangan online yang biasa dikenal dengan istilah e-commerce. Penelitian ini membahas tentang dampak e-commerce terhadap pembelanjaan; pengaruh e-commerce terhadap pembelanjaan masyarakat di Indonesia, dan jenis-jenis e-commerce yang ada. E-commerce berdampak luas pada masyarakat di antaranya pada bidang ekonomi dan bisnis. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari jurnal dan artikel online. Hasil dan pembahasan terdiri dari dampak bidang ekonomi dan bisnis, lalu pada perilaku masyarakat yang menjadi konsumtif dan boros. E-commerce memiliki sisi positif pada zaman sekarang yaitu kenyamanan dalam bertransaksi dan juga menghemat tenaga dan waktu yang dikeluarkan untuk melakukan jual beli. E-commerce memiliki dampak yang positif dan juga negatif, tergantung dari pemakaian yang bijak.
Copyrights © 2023