Caraka : Indonesia Journal of Communication
Vol 5, No 1 (2024): Caraka : Indonesia Journal of Communication

Implementasi Media Sosial dalam Meningkatkan Layanan Kemahasiswaan dan Alumni pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta, Salatiga, Ponorogo, dan Kudus

Mahyudin, Mahyudin (Unknown)
Kertamukti, Rama (Unknown)
Husnudldlon, Auliya Ihza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Perguruan tinggi semakin mengintegrasikan media sosial sebagai alat strategis untuk meningkatkan layanan kemahasiswaan dan interaksi dengan alumni. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai implementasi media sosial di Perguruan Tinggi Islam seperti: UIN Sunan Kalijaga, UIN Salatiga, IAIN Ponorogo, dan IAIN Kudus. Media sosial menjadi alat penting dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa dan menjaga hubungan erat dengan alumni. Media sosial berfungsi sebagai alat publikasi yang efisien dalam membantu peningkatan visibilitas dan citra positif perguruan tinggi. Mengingat begitu pentingnya peran media sosial bagi Perguruan Tinggi, maka diperlukan analisa pengelolaan media sosial yang efektif mulai dari perencanaan yang cermat, pelaksanaan yang konsisten, evaluasi yang terus-menerus, dan tindakan korektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten media sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keempat perguruan tinggi tersebut secara aktif menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, sebagai saluran komunikasi utama. Implementasi media sosial terbukti berkontribusi pada peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kampus dan fasilitasi interaksi antara mahasiswa dan alumni. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan seperti manajemen reputasi, masalah privasi, dan keamanan informasi yang perlu diatasi sebagai bagian efektif menggunakan media sosial untuk memperkuat layanan kemahasiswaan dan menjaga keterlibatan alumni di perguruan tinggi. Implikasi temuan dapat menjadi perspektif dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk memanfaatkan potensi media sosial dalam meningkatkan kualitas layanan dan hubungan dengan stakeholder. Humas universitas berperan vital dalam menangani manajemen media sosial, tidak hanya sebagai penyedia informasi tetapi juga sebagai kunci dalam membangun visibilitas, meningkatkan layanan mahasiswa dan alumni, serta mendukung visi dan misi perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

caraka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of ...