Penelitian ini menganalisis strategi Humas Ottopay dalam mensosialisasikan penggunaan pembayaran cashless kepada generasi baby boomers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deiskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ottopay menggunakan teori komunikasi manajemen menurut menurut James A.F. Stonner dengan melalui strategi humas untuk melakukan sosialisasi cashless mobile payment kepada generasi baby boomers, termasuk adanya strategi operasional, pendekatan persuasif edukatif, sikap tanggung jawab sosial dan pendekatan kerjasama. Tim Humas Ottopay aktif berkomunikasi dengan mitra dan pengguna untuk membantu mengatasi kendala teknologi, serta memberikan edukasi dan informasi tentang fitur aplikasi. Pendekatan persuasif juga digunakan untuk membujuk dan memotivasi pengguna dalam mengadopsi pembayaran cashless. Selain itu, Ottopay memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu generasi baby boomers dalam menghadapi perubahan teknologi. Kerjasama yang baik dengan para pengguna, pelaksanaan program insentif, serta pendekatan langsung di lapangan juga menjadi faktor penting dalam strategi sosialisasi. Saran dari penelitian ini kepada pihak Ottopay untuk terus meningkatkan upaya edukasi dan komunikasi dengan generasi baby boomers agar penggunaan cashless semakin meluas.
Copyrights © 2023