Caraka : Indonesia Journal of Communication
Vol 4, No 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication

Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Penggunaan Cashless Mobile Payment kepada Generasi Baby Boomers

Putri, Bunga Permata (Unknown)
Samaria, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi Humas Ottopay dalam mensosialisasikan penggunaan pembayaran cashless kepada generasi baby boomers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deiskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ottopay menggunakan teori komunikasi manajemen menurut menurut James A.F. Stonner dengan melalui strategi humas untuk melakukan sosialisasi cashless mobile payment kepada generasi baby boomers, termasuk adanya strategi operasional, pendekatan persuasif edukatif,  sikap tanggung jawab sosial dan pendekatan kerjasama. Tim Humas Ottopay aktif berkomunikasi dengan mitra dan pengguna untuk membantu mengatasi kendala teknologi, serta memberikan edukasi dan informasi tentang fitur aplikasi. Pendekatan persuasif juga digunakan untuk membujuk dan memotivasi pengguna dalam mengadopsi pembayaran cashless. Selain itu, Ottopay memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu generasi baby boomers dalam menghadapi perubahan teknologi. Kerjasama yang baik dengan para pengguna, pelaksanaan program insentif, serta pendekatan langsung di lapangan juga menjadi faktor penting dalam strategi sosialisasi. Saran dari penelitian ini kepada pihak Ottopay untuk terus meningkatkan upaya edukasi dan komunikasi dengan generasi baby boomers agar penggunaan cashless semakin meluas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

caraka

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of ...