Pertumbuhan jumlah objek wisata di Indonesia yang semakin tinggi dapat mempengaruhi nilai kepuasan dari para wisatawan. Fakta terkait hal tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak pilihan objek wisata membuat wisatawan merasa bingung akan pilihan destinasi wisatanya. Salah satu strategi yang seringkali digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah membuat catatan/daftar objek wisata sebelum pergi berwisata. Terlepas dari manfaat strategi tersebut, wisatawan mengeluhkan tingkat kesulitan dalam membuat daftar objek wisata yang dilengkapi dengan durasi waktu tempuh dan rencana biaya. Terlebih apabila wisatawan belum pernah mengunjungi wilayah yang akan dituju. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk a) mengkaji suatu permasalahan, melawan asumsi, dan memahami kebutuhan pengguna terkait permasalahan yang terjadi b) mengimplementasikan solusi kreatif melalui pengembangan sebuah aplikasi dalam pembuatan catatan/daftar objek wisata secara otomatis yang kemudian diberi nama “TipsnTrip”. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking, dimana untuk mengembangkan sebuah aplikasi perlu adanya UI/UX yang runtut agar nilai kenyamanan pengguna dapat diwujudkan. Hasil penelitian ini adalah prototype mobile yang telah dievaluasi menggunakan SUS dan UEQ. Evaluasi SUS mengungkapkan bahwa praktik penerapan pada rancangan UI/UX aplikasi TipsnTrip memperoleh tingkat kepuasan yang baik dengan skor sebesar 84,67 serta memperoleh hasil dengan kategori Good pada 4 aspek dari total keseluruhan aspek pengujian UEQ.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023