Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JAMMIAH)
Vol 4 No 2 (2024): Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)

Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang

Oktapiya, Kapiyah (Unknown)
Jalaludin, Jalaludin (Unknown)
Kurnia, Asep Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Islami Produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pemasaran produk boneka Home Industri di Kampung Baru Kotabaru Karawang adalah sebagai berikut: 1) Sistem Pemasaran Produk Boneka Home Industri Boneka Secara Online dan offline, meliputi : a) Keunggulan produk Home Industri Boneka di Kampung Boneka bervariasi, b) Keunggulan harga Home Industri Boneka murah, c) Terdapat lokasi yang lumayan luas dan terdapat dipinggir jalan utama kampung boneka, d) Pengiriman barang Home Industri Boneka menggunakan jasa ekspedisi dan diantar karyawan, e) Media promosi Home Industri Boneka di kampung boneka melalui iklas di marketplace, ads, dan mulut ke mulut. Selanjutnya, produk Boneka Home Industri di Kampung Baru Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru Karawang sudah memenuhi unsur-unsur strategi pemasaran islami, terlihat dari: 1) Teistis (rabbaniyyah), dimplementasikan dalam bentuk: a) Produk Home Industri mengandung nilai ibadah, b) Harga bersifat adil, c) Tempat produksi terhindar dari unsur najis, d) Sistem pengiriman menerapkan prinsip kejujuran, e) Promosi tidak mengandung unsur penipuan; 2) Etis (akhlaqiyyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Tidak pernah menjual barang yang cacat, b) Perbedaan harga online dan Offline dari segi tawar menawar, c) Pelayanan kepada konsumen dengan baik dan ramah, d) Pengiriman pesanan online menggunakan jasa ekspedisi yang tersedia di marketplace, e) Home Industri Boneka di kampung boneka tidak pernah melakukan promo palsu; 3) Realistis (al-waqi’yyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Semua penjualan sesuai dengan permintaan konsumen, b) Harga jual sesuai dengan kualitas, c) Home Industri Boneka sudah layak sesuai undang-undang dan aturan syariah, d) Sistem pengiriman sesuai permintaan konsumen; 4) Humanistis (insaniyyah), diimplementasikan dalam bentuk: a) Lebih berinovasi terhadap produk yang menyerupai, b) Produksi memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, c) Murah mahal relatif, tergantung kualitas produk yang dihasilkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jammiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ruang Lingkup materi Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) adalah artikel-artikle yang berhubungan dengan Ekonomi Syariah, Industri Halal, Manajemen Keuangan Perusahahan Syariah, Manajemen Sumber Daya Insani, Dan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Ekonomi ...