Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JAMMIAH)
Vol 4 No 2 (2024): Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)

Strategi Promosi Jasa Perawatan Kecantikan Salon Shalia Muslimah Purwakarta Pada Masa Pandemi Covid-19

Nurwanti, Nurwanti (Unknown)
Jalaludin, Jalaludin (Unknown)
Kurnia, Asep Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan semua sektor bisnis mengalami penurunan termasuk sektor jasa perawatan kecantikan. Salon Shalia Muslimah merupakan salah satu jenis usaha jasa perawatan kecantikan khusus muslimah yang terletak di Kabupaten Purwakarta yang menyediakan berbagai jenis perawatan dan produk perawatan. Salon Shalia Muslimah mengalami penurunan omset pada saat pendemi Covid-19, tetapi tidak lama kemudian pertengahan pandemi Covid-19 tepatnya pertengahan 2021 omset Salon Shalia Muslimah mengalami kenaikan omset kembali. Dengan demikian Salon Shalia Muslimah mempunyai strategi khusus dalam mempromosikan jasa perawatan kecantikan walaupun pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi berdasarkan promosi periklanan (Advertising), promosi penjualan (sales promotion), promosi perorangan (personal selling), promosi publisitas (publicity) dan promosi pemasaran langsung (Direct marketing) jasa kecantikan salon Shalia Muslimah Purwakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi jasa perawatan kecantikan Salon Shalia Muslimah Purwakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 adalah sebagai berikut: 1) Strategi promosi berdasarkan promosi periklanan (Advertising) yang dilakukan Salon Shalia Muslimah meliputi baligho, spanduk, logo, katalog, facebook, instagram, dan whatsapp; 2) Promosi penjualan (sales promotion) meliputi promosi keunggulan-keunggulan produk yang dimiliki Salon Shalia Muslimah; 3) Promosi perorangan (personal selling) Salon Shalia Muslimah meliputi penjualan yang dilakukan karyawan dan pelanggan; 4) Promosi publisitas (publicity) Salon Shalia Muslimah meliputi kualitas pelayanan karyawan yang ramah, jujur, dan amanah; 5) Promosi pemasaran langsung (Direct marketing) meliputi layanan komunikasi pelanggan dengan Salon Shalia Muslimah secara online seperti tanya jawab reservasi, konsultasi perawatan, dan informasi promo atau diskon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jammiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ruang Lingkup materi Jammiah (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah) adalah artikel-artikle yang berhubungan dengan Ekonomi Syariah, Industri Halal, Manajemen Keuangan Perusahahan Syariah, Manajemen Sumber Daya Insani, Dan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan Ekonomi ...