Rumah Sakit Islam Karawang sebagai entitas kesehatan yang beroperasi di tengah dinamika global, menghadapi tantangan signifikan dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Rumah Sakit Islam Karawang dengan fokus membangun citra positif, strategi branding, riset pasar untuk kebutuhan pasien. Penelitian dengan menggunakan Metode evaluasi kualitatif digunakan untuk menggali berbagai aspek strategi pemasaran dari perspektif manajemen rumah sakit. Data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur, sementara data sekunder dikumpulkan melalui observasi lapangan dan penggabungan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menyoroti sejumlah isu strategis seperti kurangnya Sumber Daya Manusia, belum adanya tenaga khusus dalam mengelola unit pemasaran, belum lengkapnya penunjang promosi untuk unit pemasaran, serta belum memiliki anggaran yang lebih untuk memaksimalkan unit pemasaran. Dari sini menjelaskan pentingnya strategi branding yang membedakan rumah sakit dari pesaingnya, dan perlunya riset pasar untuk memahami kebutuhan pasien secara mendalam. Seiring dengan kesadaran akan peran krusial unit pemasaran dalam meningkatkan pangsa pasar rumah sakit di era global. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran Rumah Sakit Islam Karawang dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berkembang. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, Era Global
Copyrights © 2024