Wisata medis merupakan salah satu industri yang menghasilkan pendapatan dan cukup bersaing secara global. Wisata medis telah menciptakan tingkat pembiayaan baru sebagai aliran pendapatan dengan meningkatnya pangsa pasar di seluruh dunia sehingga banyak negara yang mengembangkan wisata medis ini dengan berbagai konsep strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di negara-negara dalam mengembangkan dan meningkatkan pariwisata medis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematik. Tinjauan literatur yang komprehensif dilakukan dengan pencarian pada tanggal 10 Mei 202, dengan melakukan pencarian artikel menggunakan database Scopus, Ebsco, ProQuest, PubMed, dan Google Scholar dengan kata kunci pariwisata medis DAN strategi pemasaran. Pada awalnya, 160 artikel penelitian diperoleh dan kemudian diseleksi dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses), akhirnya didapatkan enam artikel untuk dianalisis. Hasil penelitian ini didapatkan enam artikel yang akan dianalisis lebih lanjut. Tinjauan literatur sistematik ini mengidentifikasi strategi pemasaran yang digunakan negara-negara tersebut dalam wisata medis seperti promosi pada berbagai sosial media, citra merek, metode bauran pemasaran serta penguatan relationship marketing. Strategi bauran pemasaran digunakan pada tiga negara yaitu India, Thailand dan Malaysia yang dapat meningkatkan minat wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata medis di ke negara-negara tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pemasaran dapat meningkatkan daya saing antar rumah sakit dan meningkatkan minat serta jumlah kunjungan wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata medis. Kata kunci: pemasaran, strategi, pariwisata medis
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024