Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran (harga, promosi. SDM, pelayanan) dan fasilitas alat kesehatan (kulitas dan kuantitas) terhadap peningkatan jumlah pasien di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 200 orang pasien berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Metode analisis menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa strategi pemasaran yaitu promosi, SDM, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah pasien sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah pasien. Pada fasilitas alat kesehatan dalam hal kualitas dan kuantitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah pasien di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok. Sehingga implikasi bagi pihak manajemen Rumah Sakit Citra Arafiq Depok agar dapat menjadikan strategi pemasaran (harga, promosi. SDM, pelayanan) dan fasilitas alat kesehatan (kulitas dan kuantitas) sebagai instrument yang dapat meningkatkan jumlah pasien yang memutuskan memilih Rumah Sakit Citra Arafiq Depok. Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Fasilitas Produk Alat Kesehatan; Pengikatan Jumlah Pasien.
Copyrights © 2024