Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan “PjBL Mesir” dalam meningkatkan kemampuan IPAS dan kerja sama peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen semu pada pre-test dan post-test, dan penelitian kualitatif pada wawancara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 51 Gresik berjumlah 20 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan data pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji normalitas berdistribusi normal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,093 > 0,05 dan 0,089 > 0,05. Uji paired samples t tests diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,00 yang menegaskan bahwa peningkatan efektivitas tidak terjadi secara kebetulan. Hasil wawancara memperlihatkan bahwa penggunaan “PjBL Mesir” dapat meningkatkan kerja sama peserta didik. Peserta didik merasa senang, percaya diri, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan model “PjBL Mesir”. Peserta didik juga merasa lebih mengerti tentang materi yang dipelajari dan dapat berkolaborasi dengan temannya dalam menyelesaikan proyek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan “PjBL Mesir” dalam pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 51 Gresik efektif dalam meningkatkan kemampuan IPAS dan kerja sama peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan model pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan konteks lokal dan budaya.
Copyrights © 2023