Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi ajaran Tri Nga dengan kelompok siswa yang belajar secara konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus Sumberarum Kapanewon Moyudan. Desain penelitian yaitu desain eksperimental semu (quasi experimental design). Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple RandomSampling kemudian terpilih dengan jumlah 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 orang siswa sebagai kelas kontrol pada kelas V. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inverensial, dimana statistik inverensial terbagi menjadi tiga yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan: 1) adanya perbedaan hasil belajarIPA pada siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis lingkungan dengan ajaran Tri Nga dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan 2) adanya pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan dengan ajaran Tri Nga terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Sumberarum.
Copyrights © 2024