Memotivasi belajar peserta didik tentunya bukan hal yang mudah, terkadang sebagai guru sudah berusaha agar peserta didik memiliki motivasi dalam belajar akan tetapi dari diri peserta didik belum ada kemauan lebih akan hal tersebut. Padahal motivasi belajar harus tercipta dulu dari dalam diri sendiri. Untuk meningkatkan motivasi belajar, guru bisa menggunakan media pembelajaran yang sekiranya mampu menjadi daya tarik sehingga dengan hal itu mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kalimat aktif dan pasif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik fase A yaitu di kelas II SDN Rejosari 01. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif, mengunakan pendekatan studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media balon udara kalimat aktif membuat motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan hasil observasi dan evaluasi setelah pembelajaran dilaksanakan karena peserta didik merasa antusias selama mengikuti pembelajaran menggunakan media balon udara kalimat aktif dan pasif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024