Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2024): Juli-Desember 2024

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I

Aini, Lutfiyah Nur (Unknown)
WIjayanti, Arfilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dari peserta didik di kelas I SDN Gajahmungkur 04 melalui penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Adapun permasalahan yang ditemui antara lain : (1) peserta didik kurang berpartisipasi aktif saat proses pembelajaran berlangsung. (2) hasil belajar yang masih dalam kategori rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas I SDN Gajahmungkur 04 dengan subjek penelitian sejumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dimana pada tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yaitu berupa hasil belajar melalui teknik tes, dan aktivitas belajar peserta didik melalui kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I dan sikuls II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 37,5% dan 41,76%. Sedangkan pada siklus II memperoleh hasil yaitu 62,5% dan 83,33%. Untuk aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada sikuls I dengan hasil 72,92% dan 75%. Pada siklus II diperoleh hasil 82% dan 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...