SemanTIK : Teknik Informasi
Vol 10, No 1 (2024):

Penerapan Augmented Reality Pada Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab

Musthafa, Aziz (Unknown)
Nahwa Utama, Shoffin (Unknown)
Muriyatmoko, Dihin (Unknown)
Reza Pradhana, Faisal (Unknown)
Fairoza Arafah, Rosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengajaran Bahasa Arab di sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) biasanya dilakukan dengan metode langsung atau melalui interaksi tatap muka antara guru dan murid, menggunakan buku sebagai bahan pembelajaran utama, termasuk di MI Nurussalam. Dari hasil observasi, ditemukan kelemahan dalam penggunaan metode langsung ketika berhadapan dengan generasi saat ini yang sudah terbiasa menggunakan berbagai fasilitas multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Augmented Reality (AR) pada board game untuk pembelajaran Bahasa Arab. Aplikasi media pembelajaran dibangun berbasis mobile android dengan menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian yaitu aplikasi pembelajaran Bahasa Arab yang memuat bab olahraga, tumbuhan dan sifat-sifat manusia yang berbentuk animasi 3 dimensi. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pengujian fungsi dari aplikasi dengan metode black box, menghasilkan validasi 100%, pengujian berikutnya menggunakan kuesioner kepada ahli materi Bahasa Arab mendapatkan kepuasan 84%, serta serta penilaian didasarkan pada pengalaman pengguna menghasilkan kepuasan 90%. Kata kunci; Augmented Reality, Android, Bahasa Arab, Board Game

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal "semanTIK" merupakan salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang teknologi informasi. Kajian penelitian dalam jurnal yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Robotika. Sasaran dalam penerbitan jurnal ini adalah Dosen, Mahasiswa ...