Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi berdampak pada maraknya pengembangan aplikasi berbasis mobile yang menjadi tuntutan berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan untuk segera beradaptasi khususnya dalam pengembangan media pembelajaran yang mudah digunakan. Media yang dikembangkan harus sesuai dengan karakteristik penggunanya. Untuk pengguna anak-anak banyak dikembangkan media pembelajaran yang dipadukan dengan dunia hiburan (Game Edukasi). Hal ini untuk menambah ketertarikan dalam pembelajaran. Bila dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dalam berbagai aspek game edukasi dapat dirasakan keunggulannya. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi game edukasi dengan pengacakan soal yang muncul dalam satu sesi permainan berbeda-beda dengan menerapkan Linear Congruent Method. Pengacakan soal menjadikan permainan tidak membosankan sehingga Game Edukasi ini dapat menjadi sarana dalam melatih kemampuan motorik dan kemampuan kognitif anak khususnya pada usia dini. Game ini berjalan pada platform android. Berdasarkan implementasi metode dan pengujian metode diperoleh bahwa konfigurasi parameter X, a, c dan m sangat mempengaruhi pengacakan soal. Pada penelitian ini dalam membangkitkan 10 id soal acak dari 25 id, diperoleh konfigurasi yang optimal yakni pengali (x) adalah 1, penambah (a) adalah 2, elemen seed (c) adalah 5 dan modulus (m) adalah 25. Kata kunci; Anak, Acak, Android, Edukasi, Linear Congruent Method
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023