Pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan merupakan suatu pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Belajar Biologi Peserta didik Kelas X MIPA Pada Materi Tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only control design dengan sampel penelitian sebanyak 52 Peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu MIPA 1 dan MIPA 2 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket minat belajar Peserta didik. Analisis data menggunakan kriteria uji hipotesis. Minat belajar Peserta didik Kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan berada pada skor rata-rata 70,04. Sedangkan minat belajar Peserta didik kelas X MIPA yang diajar dengan menggunakan pembelajaran direct instruction berada pada skor rata-rata 67,12. Adapun hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap minat belajar Peserta didik kelas X MIPA pada materi tumbuhan (Plantae) di SMA Negeri 2 Tapalang.
Copyrights © 2024