Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 10 No 2 (2024): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel

Nurmiati, Nurmiati (Unknown)
Hasan, Phika Ainnadya (Unknown)
Marwah, Syarrafah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran think pair share pada materi sel berdampak pada kegiatan dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas XI MIPA. Kelas XI MIPA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar meningkat 9,25%, dengan nilai rata-rata akhir 81,67% di kelas eksperimen dan 72,08 di kelas kontrol. Dengan demikian, nilai uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,005, yang menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa dengan peningkatan sebesar 9,59% pada materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan skor aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari skor kelas kontrol setelah perlakuan pada materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Campalagian.

Copyrights © 2024