Dalam paradigma pembelajaran abad ke-21, guru diharapkan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi, dan jaringan yang tepat untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan menciptakan informasi agar efektif dalam proses pembelajaran. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan khususnya pembelajaran interaktif. Sehingga pemahaman mahasiswa masih kurang dalam mata kuliah medan elektromagnetik. Tujuan Penelitian untuk memberikan alternative media pembelajaran interaktif sehingga mahasiswa mudah memahami materi Medan Elektromagnetik dan dapat belajar mandiri. Metode yang digunakan yaitu Reserch and Development (R&D), dan memberikan angket keapada ahli validasi dan mahasiswa dengan aspek tampilan, interaksi, operasioanl dan belajar mandiri. Adapun hasil yang diperoleh yaitu media pemblejaran interaktif ini yang berbasis phET Simulations dapat dijadikan media untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi medan elektromagnetik dan menjadi media belajar mandiri dilihat dari diagram angket yang rata-rata skala likertnya yaitu 5 dari beberapa aspek tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024