JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa

Ahmad Shofi Mubarok (Universitas Selamat Sri)
Camelia Bakker (STIKes Maranatha Kupang)
Said Hamzali (Universitas Syiah Kuala)
Siska Dwi Yulianti (Linggabuana PGRI Sukabumi)
Sehan Rifky (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik dalam kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru yang dapat mengatasi hambatan dan mendorong pembentukan karakter sosial siswa secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dan penggunaan metode kuantitatif. Regresi linear berganda dipilih agar dapat memberikan langkah penguatan analisis dari data kualitatif yang didapatkan. Metode sensus digunakan untuk menentukan jumlah sampel di mana seluruh populasi, sebanyak 113 siswa SMAN 1 Kabupaten Kendal dijadikan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembentukan karakter sosial siswa.Hasil penelitian ini secara parsial ditemukan variabel X1 dan X2 berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Y. Begitupun dengan uji secara simultan hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif secara bersama-sama antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, terhadap pembentukan karakter sosial siswa.Hasil analisis ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah maupun kinerja guru memiliki peran yang signifikan dalam pembentukan karakter sosial siswa. Keduanya memiliki pengaruh positif yang dapat meningkatkan pembentukan karakter sosial siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...