Fakultas Ekonomi
Vol 1, No 2 (2015)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN KRIPIK APEL PADA HOME INDUSTRY DELICIOUS & SAS

Suriyani, Suriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2015

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan dan mempertahankan kelangsungan usaha agar bisa terus berkembang dan memperoleh laba sesuai dengan keinginan perusahaan.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi pemasaran yang selama ini telah diterapkan oleh Home Industry “DELICIOUS & SAS dalam memasarkan produk kripik Apelnya.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitiandeskritif dengan penggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode analisa data yang digunakan adalah melalui tiga tahap analisis, yaitu:Tahap pengumpulan data (evaluasi faktor eksternal dan internal), Tahap analisis (Matriks Internal Eksternal, Matriks SWOT), dan Tahap pengambilan keputusan (QSPM). Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Alternatif strategi yang dihasilkan pada Matrik IE (Internal-External) untuk Home Industry Delicious & SAS Nilai rata-rata IFE sebesar 2,42 dan rata-rata EFE sebesar 1,96 menunjukkan posisi Home Industry Delicious & SAS berada pada menjaga dan mempertahankan strategi yang ada. Anlisis SWOT yaitu: Strategi S-O (Strenghts-Opportunities) Strategi ini adalah untuk memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.Strategi S-T (Strenghts-Treathts) Strategi ini adalah untuk menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengatasi ancaman.Strategi W-O (Weaknesses-Opportunities) Strategi ini diterapkan berdasakan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. Strategi W-T (Weaknesses- Treathts) Strategi ini didasarkan pada kegiatan perusahaan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. Dari Matrik QSPM dapat disimpulkan bahwa Home Industry DELICIOUS & SAS pada saat ini berusaha mempertahankan strategi yang sudah ada dan memelihara kualitas produk agar tetap baik dimata konsumen.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi ...