Preferensi konsumen menjadi lebih kritis dalam memiliki barang dan jasa yang ditawarkan seperti tas batok kelapa baik dari segi merek, harga, dan mutu serta pelayanan yang diberikan harus lebih baik agar keuntungan dapat diperoleh secara maksimal terutama di Home Industri Esa Collection. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ciri khas, kualitas, harga dan penampilan produk tas batok kelapa terhadap preferensi konsumen pada home industri esa collection. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan tujuan peneliti yang disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian sebanyak 100 sampel responden yang pernah menggunakan tas batok kelapa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linier Bergandadengan mengunakan program SPSS. Pengujian hipotesis dengan uji t membuktikan bahwa variabel ciri khas berpengaruh terhadap preferensi konsumen pada produk tas batok kelapa dengan nilai variabel ciri khas sebesar 3,776, variabel kualitas berpengaruh terhadap preferensi konsumen pada produk tas batok kelapa dengan nilai variabel kualitassebesar 3,519, variabel harga berpengaruh terhadap preferensi konsumen pada produk tas batok kelapa dengan nilai variabel harga sebesar 4,008 dan variabel penampilan berpengaruh terhadap preferensi konsumen pada produk tas batok kelapa pada Home Industri Esa Collection dangan nilai nilai variabel penampilan sebesar 3,552. Dengan demikian dalam meningkatkan minat konsumen dalam membeli tas batok kelapa maka perlu mempertahankan ciri khas yang sudah ada, menjaga kualitas dan penampilan produk sehingga mampu bersaing dengan produk luar negri.
Copyrights © 2015