Artikel ini berfokus pada pendidikan IPS di tingkat SD, dengan penekanan pada tantangan dan strategi mengatasi kebosanan siswa dalam pembelajaran. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus di dua sekolah dasar yang berbeda. Penelitian ini melibatkan empat guru serta 50 murid dari dua sekolah yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam minat dan keterlibatan siswa terhadap mata pelajaran IPS, dengan beberapa siswa menunjukkan minat yang tinggi, sementara yang lain kurang berminat. Guru menggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan minat siswa, seperti mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, menggunakan media pembelajaran seperti video dan teknologi interaktif, serta melibatkan siswa dalam aktivitas praktis seperti proyek kelompok. Temuan juga menunjukkan bahwa banyak siswa merasa bosan dengan metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif, sehingga mereka cenderung kehilangan minat dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya terus berinovasi dalam pendekatan pengajaran untuk menjaga minat siswa dan memaksimalkan potensi pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar
Copyrights © 2024