Keterbatasan buku bacaan yang menarik perhatian siswa dapat menjadi faktor pemicu rendahnya minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan media berbasis digital sebagai alternatif yang dapat membantu menarik minat baca siswa agar lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komik digital berbasis kontekstual muatan Bahasa Indonesia kelas II SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode observasi, wawancara, tes dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan subjek/responden 27 orang siswa kelas II SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor uji ahli rancang bangun sebesar 90%, uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 90%, uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 90,83%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 90,83%. Berdasarkan hasil uji efektivitas produk disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan komik digital berbasis kontekstual. Implikasi penelitian ini secara empiris terbukti bahwa dengan memanfaatkan komik digital berbasis kontekstual, siswa dapat lebih semangat dan tertarik mengikuti proses pembelajaran, serta dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024