Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Komik Digital Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Pramesti, Ni Putu Indiani (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Sujana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Keterbatasan buku bacaan yang menarik perhatian siswa dapat menjadi faktor pemicu rendahnya minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan media berbasis digital sebagai alternatif yang dapat membantu menarik minat baca siswa agar lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komik digital berbasis kontekstual muatan Bahasa Indonesia kelas II SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode observasi, wawancara,  tes dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan subjek/responden 27 orang siswa kelas II SD. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor uji ahli rancang bangun sebesar 90%, uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 90%, uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 90% , uji coba perorangan memperoleh skor sebesar 90,83%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 90,83%. Berdasarkan hasil uji efektivitas produk disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan komik digital berbasis kontekstual. Implikasi penelitian ini secara empiris terbukti bahwa dengan memanfaatkan komik digital berbasis kontekstual, siswa dapat lebih semangat dan tertarik mengikuti proses pembelajaran, serta dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...