Titian Nusantara Boga adalah perusahaan berkembang yang bergerak di bidang ritel dengan menjual produk makanan. Namun seiring berkembangnya zaman, membuat persaingan semakin ketat karena banyak perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Penelitian ini membahas tentang penerapan data mining, untuk meningkatkan penjualan pada PT. Titian Nusantara Boga dengan mengelompokkan produk ke dalam kategori sangat laris, cukup laris dan kurang laris menggunakan algoritma K-Means Clustering dengan Metode CRISP-DM yang melalui proses business understanding, data understanding, data preparation, modelling, evaluation, dan deployment. Pengujian ini dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner 9.10 dengan jumlah 3 atribut dan 793 record data kemudian berhasil mebentuk 3 cluster, yaitu cluster pertama mendapatkan hasil 128 produk, cluster kedua mendapatkan 622 produk dan cluster ketiga mendapatkan 43 produk. Kemudian dilakukan uji validasi dengan Davies Bouldin Index dan mendapatkan nilai DBI pada cluster pertama 0,679, cluster kedua 0,816 dan cluster ketiga 0,837. Dari nilai DBI yang dihasilkan bahwa cluster pertama merupakan cluster yang kualitasnya sangat baik karena menghasilkan nilai DBI yang paling rendah. Sehingga dari 3 cluster yang terbentuk dapat dikategorikan cluster pertama ke dalam kategori sangat laris, cluster kedua yaitu kategori cukup laris dan cluster ketiga yaitu kategori kurang laris.
Copyrights © 2023