Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Sains dan Teknologi

Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Medan

Simannullang, Tita Artasari (Unknown)
Sitohang, Tigor (Unknown)
Sianipar, Vina Merina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes penugasan yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 50,27 dan kelas eksperimen sebesar 77,07. Hasil uji persyaratan data menunjukkan data kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. dalam uji t diperoleh thitung > ttabel = 9,5035 >1,67155. dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics Social Sciences

Description

SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) adalah jurnal peer reviewed dan Open-Access. SAINTEK merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) STMIK Pelita Nusantara. SAINTEK mengundang para peneliti, dosen, dan praktisi di seluruh dunia untuk bertukar dan memajukan ...