Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 4 No. 3 (2023): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, GOOD GOVERNANCE, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH

Ningsih, Novitta (Unknown)
Kusumastuti, Ratih (Unknown)
Ridwan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi anggaran, good governance, komitmen organisasi dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah. Penelitian ini merupakan penelitian yang berupa opini, sikap, pengalaman atau karakteristik dari seseorang atau kelompok orang yang menjadi subjek penelitian (responden). Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden untuk mendapatkan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terllibat dalam proses penyusunan anggaran pada setiap bagian dan seksi yang berada di ingkungan Dinas Kesehatan dan DISDUKCAPIL kota jambi. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1). Partisipasi anggaran secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah. 2). Good governance secara parsial berpengaruh signifikan terhada kinerja pemerintah. 3). Komitmen organisasi secara parsial berpengaruh signfikan terhadap kinerja pemerintah daerah. 4). Motivasi kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah. Dan 5). Partisipasi anggaran, good governance, komitmen organisasi, dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...