Puskesmas sebagai salah satu FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang difungsikan sebagai gatekeeper dalam pelayanan kesehatan yang dituntut untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan untuk masyarakat secara adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat. Namun, kinerja Puskesmas yang ada di Kota Medan, tidak seluruhnya menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan baik dan benar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang diatur dalam peraturan yang berlaku. Dengan demikian, untuk menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan harus dapat disesuaikan dengan standar dan kode etik profesi di bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pelayanan kesehatan berbasis kinerja dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Puskesmas Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methode yang menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif (penelitian kombinasi). Penelitian ini menghasilkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan tergolong sangat bagus berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh, meliputi unsur keandalan (87%), ketanggapan (88%), kepastian (77%), empati (84%) dan tangible (77%).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024