Marketplace merupakan sebuah platform yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk memproses transaksi produk secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada kuartal tiga tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2019-2022 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang diambil dengan teknik non probability sampling tepatnya menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil dengan menggunakan rumus lemeshow sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 100 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner. Metode analisis yaitu analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26. Pengujian hipotesis menggunakan uji F simultan dan uji T parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi, dan ulasan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee. Sedangkan secara parsial harga, promosi, dan ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee.
Copyrights © 2024