Perkembangan teknologi, pandemi covid 19, dan meningkatnya intensitas penggunaan perangkat mobile menjadi sebab bermunculannya aplikasi pemesanan makanan secara online. Technology Acceptance Model (TAM) adalah salah satu teori dan model terkemuka yang banyak digunakan untuk menjelaskan penerimaan individual terhadap penggunaan sistem teknologi informasi [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Sikap terhadap penggunaan, Daya tarik promosi, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat kegunaan terhadap aplikasi Jiwa+ khususnya pada masyarakat yang pernah membeli kopi Janji Jiwa dan Jiwa toast dan berada di wilayah Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dengan tahapan uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji parsial (uji t). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diperoleh secara online dengan data valid yang dikumpulkan sebanyak 150 responden masyarakat yang berada di wilayah Kota Bekasi dan pernah membeli kopi Janji Jiwa dan Jiwa toast. penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan pedoman yang dirumuskan oleh Rao Purba. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa pada masyarakat Kota Bekasi, variabel Sikap terhadap penggunaan, Daya tarik promosi, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat kegunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Jiwa+. Variabel daya tarik promosi merupakan variabel independen yang berpengaruh paling besar terhadap minat menggunakan aplikasi Jiwa+ untuk pemesanan kopi janji jiwa ataupun jiwa toast.
Copyrights © 2024